Referral Banners

20.54
3
ADILAH APRILIA SAPUTRI

Temen-temen tentunya kalian udah pada tau kan tentang penyakit bisul?? Masak gak tau sih,..? kan kalian calon-calon penerus bangsa, jadi tentunya kalian harus punya banyak pengetahuan kan?
Nah Penyakit ini banyak terjadi di kalangan remaja,. Tapi,. Juga tidak menutup kemungkinan , penyakit ini juga terjadi di kalangan dewasa, bahkan anak-anak dan balita sekalipun,..

Biar temen-temen tau dengan penyakit yang satu ini,.Yuk kenali lebih lanjut seputar penyakit “BISUL”

MENGENAL TENTANG BISUL
    Teman, Bisul itu merupakan kumpulan nanah yang terkumpul didalam rongga yang terbentuk oleh jaringan akibat sistem infeksi, nah umumnya dikarenakan oleh bakteri atau parasit dapat juga karena  bahan asing seperti luka tikaman ataupun tembakan.



Bisul ini dapat menyerang siapapun lho temen-temen,., bayi, anak – anak, bahkan  orang dewasa. Namun, yang sangat sering terserang yaitu bayi serta anak – anak, karena daya tahan tubuh mereka rentan banget terhadap penyakit (sensitif).
Penyakit bisul bisa menyerang nyaris seluruh bagian tubuh kita, terlebih di bagian yang ada lipatannya, yang sering terjadi gesekan, layaknya ketiak dan bokong
Penyakit Bisul ini dikarenakan oleh bakteri. Hal tersebut bisa berlangsung dikarenakan faktor lingkungan yang kurang sehat, yang kurang memperdulikan kebersihan,. Jadi aku saranin deh buat temen-temen,. Jaga kebersihan pribadi ya,… karena kebersihan itu adalah unsur penting dalam kehidupan yang menentukan kita rentan atau enggaknya terhadap penyakit.
Dapat juga berupa daya tahan tubuh yang mengalami penurunan. Bisul keberadaannya jarang diketahui oleh kita, tahu tahu eh udah berbentuk benjolan kemerahan, serta bila ditekan merasa nyeri. Benjolan tersebut ada yang kecil sampai bisul itu masak serta pecah sendiri kemudian mengeluarkan cairan nanah. Dan ada juga lho benjolan yang tumbuh membesar.
Ayo,..
Udah pada tau kan apa itu Bisul,.?
Nah berikut penyebab terjadinya penyakit Bisul

Penyebab Penyakit Bisul
Penyebab penyakit bisul yang paling utama jelas karena adanya infeksi kulit karena ulah mikroorganisme (bakteri, jamur) dan benda asing lain yang merusak kulit. Lalu apa saja ya penyebabnya hingga kulit menjadi infeksi dan timbul bisul?
1.    Kebersihan
Salah satu penyebab penyakit bisul yang paling banyak terjadi adalah karena faktor kebersihan. Tubuh kita selalu bersentuhan dengan kuman dan bakteri, bila jarang dibersihkan, bakteri ini tentu akan masuk ke dalam tubuh dan menimbulkan bisul. Selain itu, kotoran yang menempel pada permukaan kulit bisa menghambat pori-pori kulit, sehingga minyak yang diproduksi di lapisan bawah kulit tidak bisa keluar, dan hal ini akan menyebabkan bisulan

2.    Alergi
Beberapa orang meyakini bahwa bisul juga terjadi karena suatu alergi terhadap protein tinggi. Itulah sebabnya kenapa ada beberapa orang yang menderita bisul setelah memakan telur, baik telur ayam maupun telur burung puyuh. Namun hal ini hanya terjadi pada beberapa orang saja yang memang memiliki alergi tersebut. Jadi bila temen-temen tidak punya alergi protein atau alergi telur, tidak perlu khawatir mengkonsumsi telur, karena telur bukanlah penyebab penyakit bisul bagi teman-teman.

Udah pada tau kan penyebab penyakit yang satu ini,.?
Ngeri nggak??
Eitsss,. Tenang,. Saya puya tips-tips oke lho untuk mencegah dan menghindari penyakit bisul,.
Yuk ikuti lebih lanjut,.

Cara Menghindari-Mengatasi-Mencegah Bisul
  • Mandi secara teratur minimal 2 kali sehari. Hal ini jelas untuk membuat tubuh kita selalu bersih dan terbebas dari kuman atau bakteri merugikan.
  • Ganti baju terutama pakaian dalam secara teratur, karena memakai pakaian yang sama selama berhari-hari hanya akan membuat permukaan tubuh kotor walaupun sudah mandi berkali-kali.
  • Jangan remehkan keringat. Segera lap keringat kalian atau pakai kipas angin agar kulit tidak terlalu lembab. Ingat, kondisi yang sangat lembab sangat disukai oleh bakteri sehingga mereka bisa berkembang biak dengan baik di lapisan kulit.
  • Saat selesai mandi, cuci muka, atau cuci tangan, segera pakai lap atau handuk agar tubuh benar-benar kering dan tidak terlalu lembab.
  • Bagi temen-temen yang alergi telur atau protein tinggi, sebaiknya hindari makanan seperti itu agar tidak timbul bisul.. oke??

Nah,.. udah pada tau kan,…
Jadi kalok temen-temen ngalami penyakit yang satu ini aku saranin tips-tips ok seperti yang diatas,… jadi dijamin deh,… bisa mencegah, dan mengobati penyakit bisul,.
“MENCEGAH LEBIH BAIK DARI PADA MENGOBATI” itu motto ampuh yang bisa kalian Gunakan temen-temen,…

Sampai jumpa di kesempatan yang akan datang,…Semoga dapat bermanfaat,...



Foto : Dokumentasi lomba Perawatan Keluarga WJP XXI SMK 5 Surabaya 2012


3 komentar:

  1. terimakasih infonya,,semoga berguna

    BalasHapus
  2. makasih infonya bosssssssssss. sangat bermanfaat buat saya masalah bisul ini. :d

    BalasHapus