Referral Banners

21.20
DWI INDAH MALIKAL BULQIS

Kalian tahu nggak apa influenza....???
Biasanya sih di indonesia tuh namanya flu atau sering disebut pilek...
Untuk lebih jelasnya nih baca deh..
  
Influenza, biasa disebut sebagai flu, adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae (virus influenza), yang mempengaruhi burung dan mamalia.Gejala yang paling umum dari penyakit ini menggigil, demam, sakit tenggorokan, nyeri otot, sakit kepala parah, batuk, kelemahan / kelelahan dan ketidaknyamanan umum.Sakit tenggorokan, demam dan batuk adalah gejala yang paling sering.


Dalam kasus yang lebih serius, influenza menyebabkan pneumonia, yang bisa berakibat fatal, terutama bagi kaum muda dan orang tua. Meskipun sering bingung dengan lain seperti penyakit influenza, terutama pilek, influenza adalah penyakit yang lebih parah daripada flu biasa dan disebabkan oleh berbagai jenis virus. Influenza dapat menghasilkan mual dan muntah, terutama pada anak, Biasanya, influenza ditularkan melalui udara dengan batuk atau bersin, membuat aerosol yang mengandung virus. Influenza juga dapat ditularkan melalui kontak langsung dengan kotoran burung atau sekret hidung, atau melalui kontak dengan permukaan yang terkontaminasi.
Aerosol Airborne telah dianggap menyebabkan infeksi yang palingsering membuat kita flu ya.., walaupun yang berarti transmisi yang paling penting adalah tidak benar-benar jelas. Seperti virus dapat dilemahkan oleh sabun, sering mencuci tangan mengurangi risiko infeksi. Influenza menyebar di seluruh dunia dalam wabah musiman, yang mengakibatkan kematian antara dan orang setiap tahun, sampai jutaan dalam beberapa tahun pandemi. Rata-rata 41.400 orang meninggal setiap tahun di Amerika Serikat antara 1979 dan 2001 dari influenza.
Seringkali, strain baru muncul ketika sebuah virus flu yang ada menyebar ke manusia dari spesies hewan lain, atau ketika suatu strain manusia yang ada mengambil gen baru dari virus yang biasanya menginfeksi burung atau babi. Strain burung bernama H5N1 mengangkat keprihatinan pandemi influenza baru, setelah itu muncul di Asia pada 1990-an, tetapi tidak berkembang ke bentuk yang menyebar dengan mudah di antara manusia.
Vaksinasi terhadap influenza biasanya diberikan kepada orang-orang di negara maju dan unggas ternak. Vaksin manusia yang paling umum adalah vaksin influenza trivalen (TIV) yang berisi materi dimurnikan dan tidak aktif dari tiga strain virus. Biasanya, vaksin ini meliputi bahan dari dua subtipe virus influenza A dan satu jenis B virus influenza.
Para TIV tidak membawa risiko penularan penyakit, dan memiliki reaktivitas sangat rendah. Sebuah vaksin diformulasikan untuk satu tahun mungkin tidak efektif pada tahun berikutnya, karena virus influenza berkembang cepat, dan strain baru dengan cepat menggantikan yang lebih tua.
Obat antivirus dapat digunakan untuk mengobati influenza, dengan inhibitor neuraminidase yang sangat efektif.

NIH AKU KASIH TAU CARA MENCEGAHNYA!!
  1. Perbanyak Istirahat, Beristirahatlah ketika pertama kali anda terserang influenza. Insyaallah hal ini dapat membantu, tubuh anda mencurahkan energi untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  2. Buang lendir hidung lebih sering Membuang lendir hidung secara teratur ketika anda meriang dan jangan menghisapnya kembali. Dengan melakukan hal ini, hidung menjadi tidak mampet dan membantu menghilangkan kuman dari tubuh anda.
  3. Berkumur, Berkumur adalah bantuan sementara untuk melembabkan dan dapat melegakan tenggorokan yang meradang. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan satu sendok teh garam. Lakukan empat kali sehari, atau berkumurlah dengan campuran larutan perasan lemon dan madu. Larutkan satu sendok makan air perasan lemon dalam secangkir air panas (+- 50cc), lalu campur dengan satu sendok teh madu. Biarkan campuran ini dingin pada suhu kamar, setelah itu berkumurlah dengannya.
  4. Meminum minuman yang hangat, Minuman hangat dapat melegakan pernafasan, mencegah dehidrasi dan meredakan peradangan selaput di sepanjang hidung dan tenggorokan yang terasa tidak nyaman.
  5. Makan dalam porsi secukupnya, Ketika anda terserang influenza, biasanya selera makan akan menurun. Tampaknya ini adalah bagian dari mekanisme pertahanan alami tubuh. Gejala yang ada ini sebenarnya mewakili proses penyembuhan dengan sendirinya melalui pengeluaran toksin dari dalam tubuh. Bila anda memakan banyak makanan, energy untuk proses penyembuhan alami tadi kemudian dialihkan untuk proses penguraian makanan. Oleh Karena itu, hendaknya anda makan secukupnya saja (untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh) dan memperbanyak minum.
  6. Bersauna, Sauna (mandi uap) akan melembabkan rongga hidung anda dan menjadikan anda rileks.
  7. Mengoleskan salep mentol di bawah hidung, Sedikit saja olesan salep menthol di bawah hidung anda insyaallah mampu melancarkan sumbatan di hidung dan meredakan iritasi di dasar hidung. Menthol bekerja dengan menyebabkan baal sementara (mati rasa, bahasa jawa) pada jaringan tenggorokan yang membuat rasa nyeri berkurang. Menthol juga mengeluarkan aroma yang merangsang produksi lendir yang bersih dan encer, sehingga lendir lama dapat dikeluarkan dan memudahkan untuk batuk.
  8. Tidur dengan tumpukan bantal di bawah kepala, Tidur dengan cara ini membantu melegakan rongga hidung dan meringankan sakit kepala , yang kemudian dapat membuat anda bernapas dan tidur dengan lebihbaik.
  9. Anda dapat  menyeduh satu sendok makan madu dengan seperempat sendok makan kayu manis bubukdalam satu gelas air hangat. Minum setiap hari selama 3 hari.
NAH ITU DULU YA DARI AKU,,,
KALIAN BISA COBA’IN CARA YANG AKU TULIS,,,
INSYAALLAH INFLUENZA-NYA LARI DEH HEHEHEH..

Foto : dokumentasi Jumbara KSR PMI VII 2012

0 komentar:

Posting Komentar