Referral Banners

19.22

Achmad Arifuddin,
201214.003

     Sebelum membahas tentang cara mengobatinya, kita harus mengetahui definisinya terlebih dahulu. Anemia merupakan penyakit yang terjadi diperedaran darah. Definisi anemia adalah  turunnya kadar sel darah merah atau hemoglobin dalam darah. Hemoglobin merupakan pigmen yang membuat darah manusia berwarna merah. Hemoglobin berfungsi untuk media transport oksigen dari paru paru ke jaringan tubuh. Oksigen merupakan bagian terpenting dari metabolisme tubuh untuk menghasilkan energi. Hemoglobin juga berfungsi membawa karbondioksida hasil metabolisme dari jaringan tubuh ke paru paru untuk selanjutnya dikeluarkan saat bernafas.
  

Anemia biasanya terjadi karena beberapa hal seperti Kekurangan zat besi, Perdarahan, Genetik, Kekurangan vitamin B12, Kekurangan asam folat, Pecahnya dinding sel darah merah, Gangguan sumsum tulang, dan masih banyak penyebab yang lain.
    Biasanya orang yang terkena anemia memiliki beberapa gejala seperti lelah, lemas, pucat, gelisah dan terkadang sesak. Dan apabila anemia menyerang kita akan mengganggu transportasi oksigen dan jaringan tubuh orang yang terkena anemia akan mengalami kekurangan oksigen untuk  menghasilkan energi.
    Untuk mengobati anemia  harus ditujukan pada penyebab terjadinya anemia. Misalnya anemia yang disebabkan oleh perdarahan maka perdarahan itu harus kita hentikan untuk mencegah berlanjutnya anemia. Suplemen besi diperlukan pada anemia yang disebabkan oleh karena kekurangan zat besi. Pemberian suntikan vitamin B12 diperlukan untuk mengkoreksi anemia pernisiosa. Transfusi darah merupakan pilihan untuk anemia yang disebabkan oleh perdarahan hebat.

Sumber :  http://www.blogdokter.net

0 komentar:

Posting Komentar